Begini Cara Menata Dapur Yang Baik dan Aman

Begini Cara Menata Dapur Yang Baik dan Aman

Begini Cara Menata Dapur Yang Baik dan Aman – Kini ruang dapur sudah bukan lagi tempat untuk memasak saja. Dapur juga bisa menjadi area berkumpul keluarga di rumah mengingat kini sudah banyak rumah modern minimalis yang menggabungkan dapur dengan ruang makan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar dapur tetap aman dan nyaman.

Seperti yang diketahui, area dapur dipenuhi oleh benda-benda berbahaya seperti pisau, kompor hingga tabung gas. Namun jangan khawatir, anda juga masih bisa menciptakan dapur yang aman dengan memperhatikan setiap detailnya.

Baca Juga : Ini nih Perbedaan KPR Konvensional dengan KPR Syariah

Berikut cara menata dapur yang baik dan aman

1. Pencahayaan

Seperti yang sudah diketahui, pencahayaan yang baik tentu diperlukan di dapur. Dengan pencahayaan yang baik di dapur, anda dapat dengan mudah melihat kotoran dan langsung membersihkannya.

Tak hanya itu, dengan pencahayaan yang baik, anda bisa menghindari resiko cedera akibat penggunaan benda tajam seperti pisau. Apabila memungkinkan, dapur dengan pencahayaan alami akan lebih baik lagi.

2. Penempatan tabung gas

Posisi tabung gas yang baik juga harus diperhatikan. Akan lebih baik jika tabung gas diletakkan di dekat ventilasi udara yang terbuka. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran gas. Dengan begitu, gas bisa langsung keluar ke udara bebas karena jika gas menumpuk dalam suatu ruangan, akan memicu ledakan apalagi jika berada dekat dengan kompor.

3. Gunakan bahan tahan api

Alangkah baiknya dapur dirancang dengan menggunakan bahan yang tahan api seperti marmer, granit, keramik ataupun stainless steel di sekitar kompor. Dengan begitu, hal tersebut dapat menghindari kebakaran secara langsung apabila api pada kompor tidak terkendali.

4. Posisi kompor

Posisi kompor juga penting untuk diperhatikan. Pastikan untuk tidak meletakkan kompor dekat dengan ventilasi udara untuk menghindari angin meniup api pada kompor. Jangan lupa juga untuk meletakkan kompor yang jauh dari jangkauan anak-anak.

5. Posisi meja dapur

Posisi meja dapur, kitchen set dan bak cuci juga tak kalah penting. Posisi ketiganya harus dibuat semudah mungkin untuk dijangkau tanpa alat bantu. Dengan begitu akan mengurangi resiko penyebab kecelakaan akibat penggunaan alat bantu.

6. Siapkan alat pemadan

Alangkah baiknya setiap hunian memiliki APAR (alat pemadam api ringan) atau portable fire extinguisher. Alat yang satu ini dapat digunakan dengan mudah dan mudah dibawa kemana-mana. Anda bisa meletakkan APAR di area dapur. Jadi jika terjadi kebakaran, anda bisa langsung memadamkan api secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *